Menu

Tips ringankan kepala saat stres

Mari Ringankan Kepala Saat Stres Menghampiri Anda

Terlalu banyak bekerja di depan komputer hingga mata perih dan kepala terasa mendidih? Pusing merasa beban hidup terasa berat?

Geram kepada rekan kerja yang tak pernah bisa mengerti maksud Anda? Coba istirahat sebentar, lalu lakukan ini:

Istirahatkan mata di depan komputer:

Tutup mata, letakkan telapak tangan Anda pada kelopak mata. Bayangkan Anda sedang berada di pinggir pantai sambil mandi matahari.

Selama beberapa menit, tenggelamkan Anda ke dalam situasi yang santai tadi, setelah itu pelan-pelan lepaskan telapak tangan dan buka kembali mata.

Di dalam kendaraan/bis/taksi/mobil:

(a). Bernapaslah lewat perut lalu hembuskan napas panjang.

(b). Semenit kemudian, dengan mata tertutup, bayangkan Anda seakan berada di dalam sebuah balon tertutup yang membuat Anda terputus dari dunia luar.

(c). Letakkan jempol kanan ke telapak tangan kiri, sambil ditekan, lakukan gerakan memutar 3-4 kali ke satu arah, lalu lanjutkan ke arah sebaliknya untuk membuat pikiran jadi lebih santai.

Di rumah:

Untuk mengeluarkan toksin, stress dan kelelahan yang terkumpul sepanjang hari, lakukan pernafasan dengan perut selama 5-10 menit: berbaringlah di atas tempat tidur, tarik napas lewat hidung, lalu keluarkan napas Anda lewat mulut.

Semakin panjang pernafasan yang Anda lakukan, semakin santai pikiran Anda.

Sebelum meeting penting:

Semalam sebelumnya, sambil tiduran atau duduk, lakukan latihan ini: Tutup mata Anda, lalu bayangkan Anda sedang berada di dalam meeting tersebut,

Tarik napas panjang, tenangkan hati Anda, hingga betul-betul merasa nyaman.

Tegakkan badan, seolah-olah sedang memandang ke arah lawan bicara tepat pada matanya. Bicaralah dengan nada yang sangat meyakinkan.

Tampilkan kalau Anda begitu percaya pada perkataan Anda. Bayangkan kalau lawan bicara Anda juga begitu terpesona dengan ucapan Anda.

Dalam posisi ini bayangkan kalau Andalah pemenangnya. Tujuannya: meningkatkan energi positif pada diri Anda.