Mode

Tips jitu hilangkan rasa sebal saat membeli sepatu yang kebesaran

Lea Michele's big shoes 2

Anda membeli sepatu yang kebesaran..??

Bagi sebagian besar wanita, sepatu bagaikan harta karun.

Rasanya Anda tak pernah rela jika hanya memiliki beberapa pasang saja. Sayangnya, kadang terjadi insiden kecil saat beli sepatu: salah ukuran.

Padahal sepatu bukan seperti baju yang bisa dikecilkan, dibesarkan atau dipotong dengan gampang. Jika lain kali beli sepatu kebesaran, apa yang harus Anda lakukan?

Problem:

Saya baru membeli sepatu baru (yipee!), sepasang shoe-boot berhak tinggi yang super seksi yang sudah lama saya idamkan. Saat dicoba di toko, tampaknya baik-baik saja.

Namun sayang sungguh sayang, saat pulang ke rumah, ternyata sepatu tersebut kebesaran! Rupanya sepatu merek Italia tersebut punya fitting yang lebih besar. Sepatu itu terlalu cantik jika cuma disimpan di kotaknya. Jadi saya harus bagaimana?

Solusi:

Senangnya bisa menambah koleksi sepatu impian! Duh, salah beli sepatu memang sangat menyebalkan! Untuk sepatu bermodel seperti sandal atau mules, ukuran terlalu besar tak terlalu masalah. Tapi untuk sepatu seperti pumps, stilleto atau shoe-boots, ukuran terlalu besar pasti membuat sepatu jadi tak nyaman dikenakan. Jangan takut, ada triknya!

Jika sepatu tersebut terlalu lebar, Anda bisa menyiasatinya, asalkan kelebihannya tak lebih dari satu ukuran.

Untuk sepatu tersebut bermodel tertutup, Anda bisa memasang sol (alias insole) sepatu tambahan, terutama yang biasa dipakai untuk hiking.

Misalnya merek Spenco Ironman, harganya sekitar $9.95 online. Kalau masih kurang, ambil dua pasang. Jika sepatu terlalu panjang, pasang sol anti-selip di bagian tumit kaki, misalnya merek Famaco.

Dengan begitu, Anda seakan menambah panjang kaki sekitar 5mm atau ½ ukuran sepatu. Idem, kenakan dua pasang sol agar lebih nyaman dipakai.

Untuk sepatu sandal atau pumps, kenakan insoles atau patch yang terbuat dari gel transparan yang bisa membuat Anda menambah sekitar ½ ukuran sepatu. Merek yang paling terkenal misalnya Scholl.

Jika memang masih kurang nyaman dan Anda betul-betul cinta pada sepatu tersebut, bawa saja ke tukang sepatu untuk memasang satu atau dua lapis sol tambahan. Tukang sepatu akan membongkar sepatu dan meletakkan sol tambahan di bawah sol asli sepatu.

Pada sepatu pumps, Anda bahkan bisa minta tukang sepatu untuk memasang semacam karet pada bagian dalam jari kaki, sehingga saat Anda pakai, telapak kaki Anda tak akan “meluncur” ke ujung sepatu, dan tumit tetap berada di tempatnya.