Kesehatan

5 Tips Tidur Nyenyak Tanpa Gangguan

 Tips Tidur Nyenyak

Konon penelitian membuktikan kalau wanita lebih banyak mengalami insomnia dibandingkan dengan pria. Penulis The Good Sleep Guide, Sammy Margo, memberikan beberapa tips untuk mendapatkan tidur nyenyak tanpa gangguan!

  1. Kenakan kaos kaki.

Tidur dengan kaos kaki ternyata bisa membantu Anda tidur dengan nyenyak. Why? Sebelum tidur, rupanya pembuluh darah akan melebar untuk mengalirkan panas pada tubuh dan menurunkan suhu tubuh. Jadi dengan mengenakan kaos kaki, kaki akan terasa lebih hangat dan mengurangi pelebaran pembuluh darah.

  1. Jangan sampai kekurangan kadar zat besi:

Pastikan kalau kadar besi dalam tubuh Anda sudah cukup. Menurut studi pada Departemen Pertanian Amerika Serikat kekurangan zat besi bikin Anda sering terbangun di tengah malam dan kualitas tidur yang kurang bagus.

  1. Atur jadwal:

Tidur dan bangun pada jadwal yang kurang lebih sama setiap hari akan membantu tubuh mengenali ritme diri Anda. Dengan begitu tubuh akan secara otomatis mempersiapkan diri untuk beristirahat secara teratur.

  1. Matikan lampu

Coba untuk tidur di ruangan yang sangat gelap. Jikapun Anda harus bangun untuk buang air kecil, jangan nyalakan lampu. Pada malam hari, tubuh memproduksi melatonin yang akan membantu tidur lebih nyenyak.

  1. Mandi matahari

Saat bangun di pagi hari, cobalah untuk keluar dan merasakan hangatnya matahari selama 10 menit. Sinar matahari akan membangunkan tubuh Anda dan membantu mengatur tubuh mematuhi aturan jam istirahat.