Kesehatan

Mitos kehamilan, mana yang benar, mana yang salah?

Mitos Kehamilan

Foto: Erin Gleave, instagram user McNaughty

Berbagai mitos kehamilan berseliweran di sana-sini. Buat Anda yang sedang menantikan buah hati (atau sekadar ingin tahu berbagai info seputar kehamilan), silakan simak beberapa poin berikut ini. Siapa tahu berguna!

1. Untuk mengurangi stres, ibu hamil boleh merokok.

Kenyataannya: memang SALAH! Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang merokok selama kehamilan biasanya berfisik lebih kecil. Selain itu tembakau juga jadi salah satu penyebab kematian. Jika Anda termasuk perokok berat dan sulit untuk menghentikan, cobalah untuk pelan-pelan mengurangi konsumsi.

Yang penting Anda harus bisa berhenti sebelum kehamilan trimester ketiga tiba. Anda pasti bisa, berhenti merokok bisa dilakukan jika Anda punya motivasi yang kuat!

2. Ibu hamil makan buat dua orang.

Kenyataannya: BENAR DAN SALAH. Benar karena Anda perlu memperhatikan pola makan dengan gizi seimbang yang penting untuk perkembangan janin. Anggapan ini jadi salah jika Anda menekankan pada jumlahnya.

Contoh menu yang bisa diadopsi setiap hari, misalnya 2-4 porsi protein (1 porsi = sekitar 60-80gr), 2 porsi sayur, 3-4 porsi produk susu (dairy products), 3 porsi buah-buahan, 6-7 porsi cereal. Anda juga butuh asupan zat besi dan kalsium. Tambahkan dalam menu Anda sesuai dengan anjuran dokter.

3. Makanan tak matang sangat berisiko!

Kenyataannya: BENAR. Makanan yang mentah seperti sushi mungkin bisa mengandung bakteri listeriose dan mungkin juga mengandung timah. Hati-hati juga dengan seafood. Selain itu, masak dengan baik daging yang akan Anda konsumsi untuk membunuh bakteri salmonella. Cuci dengan bersih sayuran dan buah-buahan sebelum dikonsumsi.

4. Jangan sembarangan minum obat bebas

Kenyataannya: BENAR.  Anda diperbolehkan minum paracetamol sebanyak 2-4 kali maksimal dalam sehari. Untuk obat-obatan lain seperti antibiotikd an aspirin, sebaiknya atas petunjuk dokter. Obat-obatan yang Anda makan akan mengalir ke darah dan bisa terserap di plasenta, bisa menyebabkan malformasi dan menghambat pertumbuhan janin.

5. Lebih baik berhenti berolahraga

Kenyataannya: SALAH. Anda bisa jalan kaki atau terus melakukan jogging, asalkan kurangi kecepatannya. Olahraga memang perlu dibatasi pada trimester pertama untuk menghindari keguguran serta trimester ketiga saat perus sudah membesar. Olahraga lain yang dianjurkan: yoga kehamilan, senam ringan dan aquagym.

6. Bercinta bisa berbahaya bagi janin.

Kenyataannya: SALAH. Silakan teruskan bercinta, karena kegiatan ini tak membahayakan janin (bahkan jika ada penetrasi yang dalam!). Janin terlindungi dengan baik oleh plasenta dan cairan amniotik.

7. Minumlah acid folic sebelum hamil.

Kenyataannya: BENAR. Acid folic atau vitamin B9 bisa menurunkan risiko malformasi pada janin. Anda bisa mulai minum acid folic sewaktu berencana ingin hamil hingga akhir trimester pertama. Selain itu perbanyak juga konsumsi sayuran hijau dan hati.

Foto kredit: Instagram user McNaughty (Erin Gleave).