Karier

Memperluas Jaringan Networking

Trik Memperluas Jaringan Networking

memperluas jaringan networking
Trik memperluas jaringan networking, @frilby.com

Karir yang bagus bukan hanya tentang kerja keras atau berapa jam sehari Anda menghabiskan waktu untuk bekerja. Karir yang melesat cepat juga memiliki faktor pendukung yang harus dicermati dengan seksama. Salah satunya adalah networking atau jejaring relasi serta kolega untuk mempermulus usaha Anda di bidang karir. Apalagi jika Anda berkecimpung di bidang marketing, jasa atau perniagaan yang tentunya membutuhkan banyak relasi untuk mencapai target usaha Anda. Ikuti panduan mudah para ahli career coach berikut untuk menambah jejaring networking Anda.

  1. Manfaatkan teknologi dunia maya untuk menambah relasi Anda. Jangan remehkan kemampuan media sosial seperti facebook atau twitter yang memudahkan Anda terkoneksi ke banyak orang di seluruh dunia. Tapi, perlu diingat Anda tetap harus meng-update daftar kenalan Anda di semua media sosial karena bisa jadi Mereka sudah tidak aktif lagi di situs jejaring sosial tersebut. Perbanyak kenalan dan jagalah relasi Anda disana.
  1. Bawalah selalu kartu nama kemanapun Anda pergi. Tak ada yang tahu dimana rejeki itu berada. Simpan kartu nama setiap Anda melangkahkan kaki karena siapa tahu peluang usaha tengah menunggu di depan pintu. Update selalu semua kontak nomer ponsel atau alamat email Anda pada kartu nama agar Anda tetap selalu mudah dihubungi.
  1. Aktiflah di beberapa perkumpulan hobi atau seminar yang biasa diadakan. Jangan sungkan untuk mulai menyapa dan menambah relasi di tempat-tempat tersebut. Anda tak pernah tahu kapan rejeki akan datang karena dengan makin banyak orang yang Anda kenal tentu akan semakin mudah Anda berniaga.
  1. Member get member. Bahasa keren dari dapat teman dari teman. Tak perlu malu untuk meminta bantuan kenalan Anda untuk dikenalkan kepada teman Mereka suatu waktu. Biasanya banyak kenalan baru yang datang dari komunitas lain yang tentunya akan memperluas jejaring sosial Anda. Sempatkan sedikit waktu untuk berkumpul bersama teman di waktu senggang karena selain bisa melepas penat dan bisa menambah banyak relasi baru.
  1. Jangan lupakan kenalan lama Anda. Jaga tali pertemanan dengan mantan teman sekolah atau kuliah Anda. Rekan kerja di tempat Anda bekerja dulu juga tetap harus Anda jaga karena sewaktu-waktu Anda pasti membutuhkan bantuan Mereka. Hadirilah acara reuni sekolah atau kampus Anda karena ini saat yang tepat untuk mencari relasi usaha.

6. Jaga terus hubungan dengan para kolega. Email atau hubungi Mereka minimal sebulan sekali untuk tetap terkoneksi. Tak ada salahnya mengatur waktu untuk menikmati kopi dengan para klien lama Anda karena siapa tahu sikap terbuka Anda justru membuat para kolega terkesan dan segera memberi sebuah proyek baru untuk Anda.