Kesehatan

Mari pompa semangat agar tak malas berolahraga dan keanggotaan di pusat kebugaran tidak sia-sia

Jangan  Malas Berolahraga

Saat hati sedang menggebu-gebu ingin berolahraga, Anda memutuskan mendaftar jadi member di gym atau club sportif. Mendaftar sih gampang, yang paling susah adalah terus rajin berolahraga dan iuran membership yang Anda bayarkan tak sia-sia.

Begini solusinya:

1. Buat tujuan yang realistis

Tentukan tujuan awal Anda menjadi anggota gym. Ingin menurunkan berat badan? Ingin tubuh jadi lebih fit? Ingin cari jodoh?

Apapun alasan Anda, definisikan tujuan Anda dengan jelas dan realistis. Jangan bikin tujuan yang kelewat tinggi dan malah akan bikin Anda frustrasi. Jangan ragu untuk melakukan kemajuan secara bertahap.

Yang paling penting, usahakan untuk melakukannya dengan teratur. Setelah itu, pilih kegiatan yang cocok dengan minat atau kondisi fisik Anda. Jika Anda tak kuat dengan high-impact, pilih saja yoga. Setelah tujuan awal berhasil, Anda bisa meneruskan membuat planning jangka menengah dan jangka panjang.

2. Jangan mempersulit diri

Mendaftar diri di gym yang terletak di ujung dunia? Seberapa pun bagusnya, lupakan saja dulu. Taruhan saja, Anda tak bakal tahan mengarungi seluruh penjuru kota untuk berolahraga. Pilih tempat olahraga, gym, kolam renang atau klub aktivitas yang dekat dengan tempat tinggal atau kantor Anda.

3. Harus bisa mandiri

Mengajak teman untuk bersama-sama berolahraga memang bikin kegiatan jadi lebih menyenangkan. Sayangnya, jika Anda terlalu tergantung pada teman, jika si teman tak konsisten, Anda pun cenderung untuk jadi ikut tak konsisten. Sebaiknya Anda harus bisa mandiri dan tak tergantung pada teman.

4. Tentukan jadwal

Rencanakan schedule Anda secara strategis. Jika Anda cenderung banyak kegiatan di tempat kerja di awal minggu, sebaiknya pilih kegiatan fisik yang tak terlalu keras. Baru lakukan kegiatan yang lebih penuh semangat saat badan Anda tak terlalu capek oleh berbagai kegiatan di kantor.

5. Atur mental

Ini penting. Karena acara olahraga seharusnya tak membuat Anda jadi tersiksa. Olahraga justru harus bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dan menyegarkan Anda. Jika Anda penggemar musik, jangan lupa pasang musik favorit untuk menemani Anda berolahraga.

Jika timbangan mulai berkurang, jangan ragu untuk menghadiahi diri sendiri dengan kado istimewa, misalnya baju baru atau perawatan ke salon. Youpi!