Menu

Mari bermain lompat tali

Lompat Tali

Salah satu permainan paling popular di masa kecil adalah bermain lompat tali. Mungkin Anda juga termasuk salah satu penggemarnya.

Setelah beranjak dewasa, Anda sudah tak melakukannya lagi. Padahal ternyata bermain tali sangat bagus untuk kesehatan.

Yuk, mari mulai lakukan lagi!

Hanya dengan bermodal seutas tali khusus untuk lompat tali, Anda bisa memberikan kontribusi penting bagi kesehatan Anda. Caranya pun mudah dan tak ada aturan main khusus yang ribet.

Sudah begitu, Anda pun bisa melakukannya sendirian, tak perlu menunggu partner atau pasangan main yang sibuk melulu.

Plus, kegiatan ini tak butuh tempat khusus. Bisa dilakukan di mana saja, bahkan di depan tivi sambil nonton aksi Blair Waldorf dan Serena Van Der Woodsen!

  1. Lompat tali sangat mudah dilakukan oleh semua orang

Sendirian saja, tak perlu pasangan main, aktivitas murah meriah ini sangat gampang dilakukan, kapan saja, di mana saja.

Menurut para ahli, aktivitas ini punya banyak sekali manfaat: bermain loncat tali selama 15 menit akan membakar kalori setara dengan aktivitas jogging selama 30 menit, 3 set permainan tennis dan 45 menit main ski.

Berdasarkan studi dari Weight Watchers, lompat tali dan main squash adalah dua aktivitas sportif yang banyak membakar kalori. Selain itu main tali juga tak banyak mengandung risiko.

Tentu saja jika Anda melakukannya dengan baik dan benar, yaitu melakukan dengan riteme progresif dan dengan posisi tubuh yang benar.

  1. Pilih tali yang baik

Biarpun tali buntuk berlompat tali sangat gampang didapat dan tak terlalu complicated, tapi ada baiknya Anda membeli tali yang cocok untuk Anda.

Awalnya, tes dulu dengan cara memutarnya di atas kepala Anda.

Lalu coba lakukan loncatn di satu kaki sebanyak dua-tiga kali, setelah itu lakukan dengan kaki yang lain. Selanjutnya, coba berloncat dengan kaki saling bergantian.

Jika sudah pintar, tinggal lakukan latihan sebanyak 20-30 kali.

Pada awalnya, cobalah untu berkonsentrasi dengan mengatur ritme gerakan, dan bukan durasi atau jumlah lompatan yang bisa Anda lakukan.

Pada tahap pertama, lakukan sebanyak 5 hingga 6 putaran, tergantung dari kemampuan Anda. Coba juga lakukan dengan mata tertutup, lalu lakukan dengan menyilangkan tangan.

Setelah itu lakukan 5-6 putaran selama satu hingga dua menit.

Jika Anda sudah bisa mencapai dua loncatan setiap detik, berarti pukul rata Anda bakal mampu melakukan 120 loncatan dalam waktu satu menit. Anda bisa mulai mengatur frekuensi latihan, misalnya 10-15 menit nonstop, tiga kali seminggu.

  1. Lompat tali bagus buat jantung

Kegiatan ini sangat bagus buat jantung. Selain itu otot jadi makin kencang, pernapasan dan ketahanan tubuh jadi lebih bagus.

Lompat tali juga membantu mengoreksi keseimbangan tubuh dan koordinasi kaki dan tangan. Dengan sedikit latihan teratur, setiap gerakan tubuh yang Anda lakukan akan lebih terkendali.

Manfaat yang lain, dengan rajin berlompat tali, posisi tubuh dan keseimbangan jadi lebih baik dan energi Anda bisa tersalurkan dengan benar.