Karier

Manajerial Waktu Yang Efisien Di Kantor

Manajerial Waktu Yang Efisien Di Kantor

manajerial waktu
Manajerial waktu, @frilby.com

Sebagian besar para pekerja merasa kerap merasa sedikit mempunyai waktu untuk menyelesaikan tugas kantor.

Tak jarang, waktu akhir pekan yang seharusnya dihabiskan untuk bersantai bersama keluarga justru habis tersita untuk menuntaskan tugas kantor agar target tercapai.

Kami memiliki kiat agar Anda dapat mengatur waktu seefisien mungkin di kantor sehingga target Anda tercapai sekaligus menambah poin plus bagi Anda di mata sang Bos.

Simak yuk saran dari para career coach berikut ini.

  1. Media sosial seperti facebook atau twitter memang menyenangkan sebagai wadah berkomunikasi dengan kerabat dan teman. Tapi menurut penelitian di Boston University menyatakan bahwa dampak jejaring sosial tersebut bersifat adiktif atau membuat para penggunanya kecanduan. Anda tentu tak ingin tiga jam pertama di pagi hari ketika harus membuat proposal penting untuk klien tapi Anda justru terpaku sibuk mengupdate status terbaru di facebook Anda. Bayangkan berapa waktu yang Anda habiskan untuk bekerja jika harus terpotong dengan waktu bersosial media plus waktu makan siang Anda. Saran para ahli sebaiknya lakukan kegiatan bersosial media di penghujung waktu pulang atau setelah menyelesaikan tugas pokok Anda di kantor. Cara pintar lainnya adalah bersosialisasi di jejaring sosial saat di rumah atau di tengah perjalanan pulang di tengah situasi macet. Keuntungannya, Anda tetap bisa terhubung dengan jejaring sosial Anda tanpa merasa depresi menghadapi kemacetan jalan.
  1. Email adalah sarana paling efektif untuk berkomunikasi di kantor. Balaslah semua pesan masuk di pagi hari sebelum melakukan tugas pokok Anda. Cara ini membuat waktu Anda akan lebih terkoordinasi dengan baik sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk menuntaskan tugas lain.
  1. Manfaatkan waktu makan siang dengan sebijak mungkin apalagi ketika di hari kerja yang padat seperti Senin hingga Kamis. Satu jam tampaknya sudah cukup untuk bersantap siang di kantin terdekat. Beri bonus kepada diri Anda dengan waktu makan siang yang lebih longgar di hari Jumat, tentunya setelah tugas utama Anda selesai dikerjakan.
  1. Biasakanlah datang satu jam lebih awal dari jam masuk kantor. Hal ini memberikan Anda sedikit waktu untuk menghadapi serta mengatur tugas apa yang Anda harus lakukan hari itu. Selain itu Anda akan diberi label sebagai karyawan yang disiplin dari atasan dan bagian personalia di kantor Anda, dan bukan tidak mungkin kenaikan gaji atau promosi jabatan akan cepat menghampiri Anda.
  1. Delegasikan tugas Anda kepada rekan sekerja atau gunakan bantuan para karyawan magang untuk menuntaskan pekerjaan Anda yang sudah lama belum terselesaikan. Keuntungannya adalah target Anda tercapai sekaligus memperkuat kerja tim yang solid. Tapi, perlu diingat Anda hanya boleh menghibahkan tugas yang terlalaikan karena jadwal kerja Anda yang memang sedang padat. Selama Anda bisa menuntaskan semua pekerjaan Anda tentu saja lebih baik, untuk itulah manajerial waktu yang tepat guna amat diperlukan.

Mulai hari ini buatlah daftar hal penting dan yang tidak penting untuk dilakukan di kantor agar Anda memiliki kualitas waktu yang maksimal.