Menu

Lakukan 6 hal ini jika jerawat bermunculan di wajah Anda

Banyak Jerawat Bermunculan di Wajah Anda ???

Anda ingin berteriak memaki saat jerawat bermunculan di wajah Anda. Ya, jerawat-jerawat merah itu dengan riang gembiranya nongol di wajah Anda. Duh, bagaimana ini?

Anda pikir, jerawat hanya terjadi saat mengalami masa puber. Karena itu pula, Anda sudah membuat tube-tube anti jerawat begitu umur beranjak ke kepala dua.

Ternyata, berapa pun usia Anda, jerawat tetap bisa mendatangi. Percayalah, Anda tak seorang diri. Selama hormon kita masih berproduksi, jerawat mungkin masih bisa datang. Selain sering dikaitkan dengan siklus haid, jerawat sering juga terjadi karena produk kecantikan atau krem perawatan yang memberikan reaksi.

Jika ini penyebabnya, lain kali gunakan krim non-comedogene alias krim yang tak menyumbat pori-pori.

Selain itu, jerawat juga bisa berkaitan dengan beberapa hal lain, misalnya minya mineral seperti Vaseline yang masuk ke dalam kulit dan menyumbat pori-pori atau produk lanoline yang terdapat dalam krim perawatan dan produk sunscreen.

Jika jerawat datang lagi, berikut ini 6 langkah yang harus dilakukan agar wajah Anda sehalus Britney Spears:

1. Anda boleh makan cokelat atau makan fries.

Ternyata cokelat atau kentang goreng bukan penyebab jerawat. Cemilan manis atau asin memang sering dikaitkan dengan jerawat karena kita punya kecendurangan untuk banyak ngemil menjelang haid, yaitu saat ada produksi hormon yang bisa menyebabkan jerawat.

2. Boleh pakai makeup.

Terutama jika Anda mau berkencan, jangan ragu pakai makeup! Coba keringkan jerawat Anda sebelum memulaskan foundation. Meski begitu, jangan tutup jerawat yang purulents dengan produk makeup.

3. Jangan mengkamuflase jerawat menjadi tahi lalat

Tak ada gunanya, karena tak akan terlihat alami!

4. Silakan pecahkan jerawat

Terutama jika jerawat itu adalah jenis jerawat putih.

5. Jangan melakukan peeling wajah

Terlalu membersihkan dan menggosok wajah hanya akan membuat produksi sebum jadi meningkat dan akan membuka jerawat dan akan membuat luka pada wajah.

6. Tips untuk memecah jerawat:

Ingin memecah jerawat. Begini caranya:

a. Cuci tangan bersih-bersih agar bakteri tak bertebaran di mana-mana

b. Jangan memecah jerawat dengan kuku, karena justru akan meninggalkan bekas pada wajah. Gunakan ujung jari, letakkan pada kedua sisi jerawat yang akan dipencet, lalu siapkan juga tisu untuk membersihkan jerawat.

c. Jangan tusuk jerawat ke arah dalam, tapi tarik kulit ke arah luar dengan jari-jari Anda. Jerawat yang cukup matang akan segera pecah dengan sendirinya.

d. Jika tak berhasil, tekan jari ke arah dalam sambil ditekan.

e. Saat bagian putih sudah keluar, jangan tekan hingga darah keluar, karena hal ini akan meninggalkan bekas.

f. Bagian yang berjerawat bisa terasa sakit dan bengkak. Untuk menghindari sakit, keringkan dan tepuk-tepuk kecil dengan sedikit minyak esensial dari myrtle yang mengandung antiseptik alami. Tunggu sedikitnya sejam sebelum Anda mulai berdandan.