Menu

INGIN RUMAH ATAU APARTEMEN ?

Pilih Rumah Atau Apartemen

rumah atau apartemen

rumah atau apartemen, @frilby.com

Kehidupan perkotaan kerap membuat kebutuhan hidup kian meningkat. Bagi beberapa orang memiliki tempat tinggal yang layak huni adalah sebuah keharusan.

Dengan alasan jaminan masa tua, investasi serta rasa aman dan myaman bila dibandingkan dengan mengontrak ataupun menyewa rumah. Disini kami paparkan seluk beluk memilih rumah atau apartemen, serta kelebihan maupun kekurangannya.

Simulasi dari dua buah keluarga berikut dapat memberikan gambaran kepada Anda manakah yang paling sesuai untuk Anda.

Wisnu adalah seorang pria yang baru saja menikah dan sudah membeli sebuah rumah di daerah Tangerang yang bisa dikatakan cukup jauh dari pusat kota.

Luas rumah tersebut adalah 45 meter persegi yang dibelinya seharga 170 juta rupiah pada tahun 2006. Karena jarak yang jauh, Wisnu harus mengeluarkan ongkos sebesar 600 ribu perbulanĀ  untuk transportasinya menuju kantor di daerah Palmerah.

Di komplek perumahan tersebut Wisnu juga mengeluarkan biaya sebesar 100 ribu perbulan untuk keamanan, sampah dan pemeliharaan. Untuk biaya listrik Ia harus menyediakan uang sebesar 300 ribu perbulan, sementara Ia menggunakan air tanah sebagai asupan airĀ  sehari-harinya.

Jadi total pengeluaran perbulan untuk transportasi, listrik dan biaya pemeliharaan Ia menyediakan dana sebesar 1 juta rupiah perbulan.

Lain lagi dengan Nita yang memilih apartemen seluas 33 meter persegi di bilangan Kalibata yang dibelinya sebesar 250 juta rupiah.

Untuk biaya pemeliharaan, listrik dan air, Nita harus mengeluarkan biaya sebesar 450 ribu rupiah perbulan. Untuk transportasinya Ia harus menyiapkan biaya sebesar 300 ribu perbulan menuju kantornya di kawasan Cilandak.

Jadi total wanita yang berstatus lajang tersebut mengeluarkan biaya rutin sebesar 750 ribu rupiah perbulan. Biaya yang lebih murah dikarenakan biasanya letak apartemen lebih strategis sehingga biaya transportasi jauh lebih terjangkau.

Namun, pilihan rumah sebagai tempat tinggal bisa dijadikan sumber investasi yang jauh lebih fleksibel.

Berikut beberapa kelebihan serta kekurangan antara rumah dan apartemen.

Apartemen

  1. Tingkat keamanan yang tinggi karena sudah dilengkapi dengan petugas keamanan, kamera CCTV serta aksebilitas yang lebih terjaga.
  1. Cocok bagi Anda yang sibuk dan tak ada waktu untuk merawat rumah karena biasanya tidak ada lahan pekarangan yang banyak ditemui pada rumah tinggal.
  1. Lokasi yang strategis dengan akses ke pusat kota yang lebih dekat dan mudah dijangkau.
  1. Tepat bagi Anda yang ingin segera mencari tempat tinggal tanpa mengurusi soal investasi jangka panjang.

Rumah Tinggal

  1. Anda hobi memelihara hewan peliharaan atau gemar berkebun dan bertanam disarankan memilih rumah sebagai tempat tinggal.
  1. Tepat bagi Anda yang berniat untuk berinvestasi jangka panjang.
  1. Cocok bagi Anda yang senang bersosialisasi dengan keluarga lain.
  1. Biasanya pilihan rumah sengaja dipilih untuk menghindari suasana perkotaan yang bising dan padat.
  1. Rumah juga dapat dijadikan tempat usaha kecil menengah seperti warung dan toko.

Sekarang pilihan ada di tangan Anda. Keduanya pasti memiliki segala kekurangan dan kelebihan. Pastikan kebutuhan Anda sebelum memutuskan untuk memilih jenis tempat tinggal yang tepat guna.