Menu

Coklat, Si Hitam Manis Nan Menggugah Selera

Coklat Yang Menggugah Selera

coklat manis

Coklat yang menggugah selera, @frilby.com

Siapa yang tak menyukai coklat. Citarasa yang manis sanggup menciptakan sensasi tertentu pada si indera pengecap. Simak sejarah cokelat di info kuliner kali ini.

Coklat yang memanjakan ini sering disebut cocoa dan berasal dari tumbuhan kakao yang dalam bahasa latinnya adalah makanan para dewa.

Negara penghasil cokelag terbesar adalah Pantai Gading.

Indonesia sendiri merupakan negara terbesar ketiga penghasil tanaman kakao nan lezat. Menurut sejarah, tumbuhan cokelat ini sudah lama ditemukan di lembah Amazon sekitar 400 tahun sebelum masehi tepat di wilayah Amerika Selatan.

Sejak saat itu para suku Aztec telah membudidayakan tanaman kakao. Kaum bangsawan suku tersebut kerap mencampur biji cokelat pada ragam minuman.

Beratus tahun kemudian bangsa Spanyol dan Eropa mulai mengenal mesin penggiling biji cokelat, salah satu nama besar cikal bakal pencipta cokelat lezat yang sudah dikenal adalah Coenraad Van Houten.

Manfaat cokelat pun tak bisa dianggap remeh bagi kesehatan, terutama bagi kulit. Sampai-sampai cokelat digunakan sebagai masker dan lulur yang baik untuk mencerahkan kulit karena mengandung senyawa katekin atau antioksidan pencegah radikal bebas.

Coklat hadir dalam berbagai ragam citarasa seperti dark chocolate atau cokelat hitam maupun white chocolate atau yang biasa kita kenal sebagai cokelat putih.

Biasanya rasa coklat yang dijual di pasaran memiliki rasa yang berbeda. Cokelat hitam biasanya banyak ditemui di toko penjual bahan pembuat kue dan rasanya sangat pahit sehingga harus diolah terlebih dahulu agar menjadi sebuah kue atau cokelat yang biasa kita santap.

Bentuk cokelat pun hadir bukan hanya berbentuk kotak, namun juga hadir dengan tampilan bentuk yang lebih beragam. Pilihan rasa coklat pun mulai bervariasi seperti stroberi, jeruk,,susu atau rum yang nikmat.

Anda pun bisa melirik si hitam manis ini sebagai peluang usaha baru yang menjanjikan.