Menu

Berkenalan Dengan Espresso

BERKENALAN DENGAN ESPRESSO

espresso

Berkenalan dengan espresso, @frilby.com

Gaya hidup moderen dewasa ini membuat beberapa kedai kopi impor kian menjamur di beberapa tempat keramaian.

Bukan hanya sajian menu ringan yang nikmat, tetapi suasana yang hangat dan nyaman membuat beberapa orang betah berlama-lama menghabiskan waktu di gerai kedai kopi yang terdapat di pusat keramaian.

Anda pasti suka menikmati sajian kopi yang lezat sambil mengobrol bersama keluarga, teman maupun rekan bisnis.

Khasiat kopi ampuh untuk menstimulasi semangat serta otak sehingga lebih waspada. Kali ini Kami akan mengajak Anda mengenal lebih dalam espresso, sajian kopi nikmat bercitarasa unik.

Espresso hanyalah kata lain dari kopi hanya saja yang membuatnya istimewa adalah cara pembuatannya dengan cara menyemprotkan air panas ke dalam cangkir berupa kopi pekat. Aroma yang dihasilkan tentu saja harum luar biasa.

Espresso pertama kali diperkenalkan di Italia. Sebenarnya di setiap negara pun mempunyai ragam jenis espresso dengan keunikan masing-masing.

Di indonesia orang banyak mengenal espresso dengan sebutan kopi tubruk atau kopi yang tidak disaring. Pecinta kopi tentu saja memilih espresso daripada jenis kopi lain karena harumnya yang kuat, rasanya yang tajam dan pekat serta teksturnya yang kental dan lembut.

Rasanya yaitu manis dengan sedikit aksen pahit di lidah membuatnya unik. Menyajikan espresso harus pada sebuah cangkir berukuran kecil karena ekstraknya yang kental dan kuat.

Syarat sebuah espresso adalah jika dibuat dengan teknik yang tepat akan terdapat sebuah lapisan berwarna coklat keemasan pada permukaannya yang biasa disebut dengan krema.

Rasanya pun harus sedikit pahit dan meninggalkan citarasa manis di ujung rasanya. Cara pembuatan yang unik menghasilkan rasa yang nikmat.

Biasanya espresso dibuat dari biji kopi pilihan yang paling banyak dibuat espresso adalah biji kopi yang berasal dari Brazil maupun lokal seperti kopi robusta, kopi Lampung dan kopi Aceh.

Biji kopi disangrai sampai harum dan kemudian digiling halus dengan mesin khusus. Banyak mesin penggiling biji kopi yang tersedia di pasaran mulai dari yang murah hingga puluhan juta Rupiah.

Jangan khawatir, bagi Anda yang tidak suka akan rasa pahit espresso bisa membuat sajian lain dengan memadukan espresso dengan cara yang beda dengan menambahkan sedikit krim pada espresso sehingga rasa dan tampilannya berbeda, biasanya kita kenal sebagai capuccino atau cafe latte.

Perlu diingat bahwa dalam secangkir espresso mengandung senyawa kafestol yang efektif meningkatkan kadar kolestrol.

Tapi, konsumsi yang bijak yaitu secangkir sehari masih cukup relatif aman bagi kesehatan Anda.