Menu

Alternatif Redakan Sakit Saat Datang Bulan

Meredakan Rasa Sakit Saat Datang Bulan

Jika derita sakit ketika datang bulan sering terjadi, Anda tak sendiri. Info berikut ini mungkin bisa membuat Anda sedikit lega.

Kenapa sakit?

Di belahan dunia manapun, ternyata sakit saat datang bulan adalah masalah yang sering terjadi. Rasa sakit atau nyeri yang bersamaan dengan datangnya menstruasi disebabkan oleh sebuah hormon yang menyebabkan uterus dan daerah sekitarnya jadi kontraksi.

Rasa sakit ini pun terjadi dalam berbagai level, mulai dari yang ringan hingga parah. Jika rasa sakit betul-betul mengganggu, Anda memang disarankan untuk langsung berkonsultasi dengan ahlinya.

Biasanya dokter akan memeriksa organ-organ reproduksi untuk melihat apakah ada fibroma atau endometriosis.

Perawatan yang mungkin disarankan adalah semacam perawatan untuk “mengistirahatkan” uterus. Selain itu ada juga perawatan dengan pil atau patch untuk menyeimbangkan sistem hormonal. Dokter akan mendiskusikan perawatan lebih lanjut dengan Anda.

Perawatan alternatif

Selain dengan obat-obatan, di Prancis dan beberapa negara Barat, dokter akan menyarankan perawatan dengan osteopati. Menurut majalah Sante, terutama jika Anda punya masalah dengan punggung atau rahim terbalik, perawatan osteopati ini mungkin bisa meredakan rasa sakit bulanan Anda.

Masih dari ahli majalah Sante, selain itu Anda juga bisa mencoba akupunktur.  Rasa sakit ini juga disebabkan oleh kurangnya jumlah atau kualitas energi dalam tubuh, sehingga sirkulasi energi menjadi tak seimbang.

Dengan perawatan intensif pada beberapa titik akupunktur, Anda bisa mendapatkan keseimbangkan energi dan sakit bulanan pun tak jadi menyambangi. Selain itu, pengobatan natural dengan aromaterapi juga pantas dicoba.

Resepnya: campurkan dua tetes minyak esensial estragon ke dalam minyak vegetal pilihan Anda. Gunakan campuran ini untuk massage ringan di bagian bawah perut, lakukan dua kali sehari.