Kecantikan

4 tips merawat rambut sensitif

Tips Bagi Pemilik Rambut Sensitif

Bukan hanya kulit berjenis sensitif saja yang perlu perawatan khusus tapi rambut sensitif juga butuh perhatian ekstra. Jangan khawatir, Anda tak perlu harus jumpalitan.

Beberapa cara berikut ini sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Hidrasi rambut setiap hari:

Seperti halnya kulit wajah, setiap pagi oleskan pada rambut krim perawatan yang berguna untuk menghidrasi rambut dan juga melindungi serat rambut.

Krim perawatan ini biasanya dilengkap dengan minyak tumbuhan seperti kenari, argan dan macadamia. Krim perawatan akan membuat rambut jadi lebih halus dan bercahaya. Gunakan secukupnya saja, dan pilih produk yang paling cocok dengan jenis rambut Anda.

Gosok-gosokkan krim pada kedua belah telapak tangan untuk memanaskannya. Aplikasikan pada rambut kering atau lembap dengan cara menyisirnya dengan jari-jari Anda. Lakukan secara menyeluruh, terutama pada bagian ujung rambut.

  1. Pakai masker untuk melindungi serat rambut:

Misalnya masker rambut berbasis karite, yang digunakan setelah ber-shampoo. Masker akan melindungi serat rambut dan juga membuat rambut jadi lebih lurus.

Aplikasikan pada rambut yang sudah dicuci dan dikeringkan dengan handuk dengan menekan-nekannya pada bagian ujung rambut.

Biarkan selama 15 menit agar krim terserap pada rambut. Agar lebih efektif, setelah itu tutup rambut dengan handuk panas selama 30 menit.

  1. Pilih produk dengan formula reparatif:

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, pakai shampoo yang memiliki formula berbasis ceramides. Untuk conditioner, gunakan produk yang kaya dengan zat nutritif, misalnya minyak karite, madu atau minyak tumbuhan yang akan membantu memperbaiki serat rambut yang rusak.

Gunakan setidaknya sebulan sekali.

  1. Minum vitamin:

Selain perawatan dari luar, Anda juga bisa melakukan perawatan dari dalam dengan minum vitamin B dan H (biotin atau vitamin B8. Perawatan dengan vitamin ini berlangsung dua bulan. Konsultasikan dengan ahlinya.