Gaya Hidup

4 tips jitu bikin si pelit takluk dan akhirnya mau buka dompetnya

Si Pelit Yang Menyebalkan

Lalu bagaimana caranya agar si pelit mau mengeluarkan uang dari kantongnya, kali ini?

Setiap kali Anda beramai-ramai makan di restoran dengan si pelit yang satu ini, pasti dia selalu berkelit untuk membayar.

Saat patungan kado untuk perpisahan dengan mantan bos, si pelit juga bisa saja terhindar dari iuran. Apalagi saat ada kantong dana menyumbang korban bencana alam, si teman pelit tak bergeming dari tempat duduknya. Pokoknya, si pelit ini selalu punya cara untuk tak mengeluarkan uang.

Ayo, segera “paksa” dia untuk mengeluarkan dompatnya!

  1. Gertak: Salah satu taktik si pelit adalah menganggap dirinya lebih miskin daripada kita. Lain kali tagihan datang, jangan buru-buru keluarkan kartu kredit Anda. Bilang saja begini, “Tahu tidak sih, tahun ini aku juga tak dapat bonus. Aku lagi miskin, nih!”
  1. Sindir: Jangan segan untuk menyindir, “Kamu lupa lagi bawa dompet? Lain kali jangan ikut makan kalau lupa bawa dompet!” atau “Setelah ini kita bikin perjanjian utang-piutang ya!”
  1. Paksa: Kalau kata-kata sudah tak mempan, sudah saatnya kita bertindak. Ada cara yang rada “menyedihkan” tapi efisien, yaitu “curi” kartu kreditnya saat kita berangkat makan bersama. Saat harus membayar, dengan becanda Anda mengangsurkan kartu kreditnya sambil bilang, “Kali ini kamu yang bayar ya!”
  1. Tiru: Coba pura-pura jadi pelit juga. Saat tagihan datang, coba dengan sengaja Anda menghilang (pergi ke kamar kecil misalnya), atau bilang kepada dia, “Kamu bayar dulu ya, nanti aku ganti”.