Kesehatan

4 fakta menarik soal manfaat teh hijau

teh hujau

Fakta Tentang Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh hijau yang banyak khasiatnya itu  sedang digemari di mana-mana. Selain bisa bikin tubuh jadi langsing, teh hijau untuk bisa mencegah kanker dan jadi obat alami anti penuaan.

Pendek kata, teh hijau memang minuman yang penuh dengan keajaiban. Anda memutuskan ingin jadi pecinta teh hijau? Ini dia A-B-C-D-nya!

Kenapa teh hijau punya banyak khasiat dibanding teh hitam?

Begini, setelah dipetik, daun-daun teh langsung dikeringkan tanpa ada fermentasi seperti halnya yang dilakukan pada teh hitam. Makanya, teh hijau jadi mengandung bahan anti oksidan.

Apa saja manfaatnya?

Selain mengandung banyak antioksidan (hingga 1/3 berat daun), teh hijau punya khasiat yang bisa melawan penyakit seperti kanker, obesitas, kholesterol, dan hipertensi. Teh hijau juga sangat terkenal dengan khasiatnya yang melangsingkan.

Zat theine yang terdapat pada teh hijau akan meningkatkan metabolisme dasar. Tanin yang terdapat di dalamnya juga membantu tubuh berjuang melawan lemak.

Sedangkan katechine akan mengubah bagian lemak dan berperang melawan akumulasi lemak pada perut. Selain itu ada juga zat yang berkhasiat mengerahkan hormon yang mengendalikan nafsu makan.

Cara pintar menyeduh teh hijau

Seduh teh hijau yang berasal dari Cina dan India pada air bersuhu 75 derajat Celsium selama dua hingga empat menit.

Jika Anda menggunakan teh dari Jepang, seduh pada suhu antara 60-75 derajat Celcius selama 30 detik hingga 2 menit. Teh Anda terasa pahit? Kemungkinan air yang Anda gunakan terlalu panas.

Agar antioksidan makin efektif

Pilih teh hijau dari Jepang lalu seduh selama tiga menit.